Blog na Hetty Wijayanti 07











{February 20, 2010}   Sejarah php

PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.

  • sejarah php

PHP: Hypertext Preprocessor (nama menjadi singkatan rekursif) adalah digunakan secara luas, untuk keperluan umum bahasa script yang pada awalnya dirancang untuk pembangunan web untuk menghasilkan halaman web dinamis. Untuk tujuan ini, kode PHP tertanam ke sumber HTML dokumen dan ditafsirkan oleh web server dengan prosesor PHP modul, yang menghasilkan dokumen halaman web. Sebagai tujuan umum bahasa pemrograman, kode PHP diproses oleh aplikasi juru bahasa dalam modus baris perintah melakukan operasi sistem operasi yang diinginkan dan menghasilkan output program pada kanal output standar. Mungkin juga berfungsi sebagai aplikasi grafis. PHP tersedia sebagai prosesor untuk server web yang paling modern dan sebagai standalone penerjemah pada kebanyakan sistem operasi dan platform komputasi.
PHP pada awalnya diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995 [1] dan telah dalam pembangunan yang berkelanjutan sejak itu. Pelaksanaan utama PHP sekarang diproduksi oleh The PHP Group dan berfungsi sebagai standar de facto untuk PHP karena tidak ada spesifikasi formal. [3] PHP merupakan perangkat lunak bebas yang dirilis di bawah lisensi PHP, yang tidak kompatibel dengan GNU General Public License (GPL) karena ada pembatasan mengenai penggunaan istilah PHP.

  • Penggunaan

PHP adalah keperluan umum bahasa script yang khususnya cocok untuk pengembangan Web. PHP umumnya berjalan pada web server. Setiap kode PHP dalam file yang diminta dieksekusi oleh runtime PHP, biasanya untuk membuat konten halaman Web dinamis. Juga dapat digunakan untuk command-line scripting dan client-side GUI aplikasi. PHP dapat digunakan pada kebanyakan web server, banyak sistem operasi dan platform, dan dapat digunakan dengan banyak sistem manajemen database relasional. Ini tersedia gratis, dan PHP Group menyediakan kode sumber lengkap bagi pengguna untuk membangun, menyesuaikan dan memperpanjang untuk mereka gunakan sendiri.
PHP terutama bertindak sebagai penyaring,  mengambil input dari sebuah file atau sungai yang berisi teks dan / atau instruksi PHP dan output aliran data lain; paling sering output akan HTML. Sejak PHP 4, PHP parser mengkompilasi masukan untuk menghasilkan bytecode untuk diproses oleh Zend Engine, memberikan peningkatan kinerja penafsirnya pendahulunya.
Awalnya dirancang untuk membuat halaman web dinamis, PHP sekarang berfokus terutama pada server-side scripting, dan ini mirip dengan server lainnya bahasa script sisi yang menyediakan konten dinamis dari web server ke klien, seperti Microsoft’s Active Server Pages , Sun Microsystems ‘JavaServer Pages, dan mod perl. PHP juga menarik banyak kerangka kerja pengembangan yang menyediakan blok bangunan dan struktur desain untuk mempromosikan pengembangan aplikasi cepat (RAD). Beberapa di antaranya adalah CakePHP, Symfony, CodeIgniter, dan Zend Framework, menawarkan fitur yang mirip dengan kerangka aplikasi web lainnya.
The LAMP dan WAMP arsitektur telah menjadi populer di industri web sebagai cara untuk penggelaran aplikasi web. PHP biasanya digunakan sebagai P dalam bundel ini bersama Linux, Apache dan MySQL, meskipun P juga dapat merujuk pada Phyton atau Perl atau beberapa kombinasi dari ketiganya.
Sejak April 2007, lebih dari 20 juta domain Internet memiliki layanan web host pada server-server dengan PHP dan terinstal mod_php tercatat sebagai yang paling populer modul Apache HTTP Server. Signifikan situs web yang ditulis dalam PHP termasuk pengguna yang menghadap bagian dari Facebook, Wikipedia (MediaWiki), Yahoo!,MyYearbook,Digg, Joomla, WordPress, YouTube dalam tahap awal, Drupal, Tagged dan Moodle

kelebihan php

  • Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
  • Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana – mana dari mulai apacheIISLighttpdnginx, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
  • Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis – milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
  • Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.

Sintaks

Artikel utama: PHP sintaks dan semantik
<html>
<head>
<title> PHP Test </ title>
</ head>
<body>
<? php echo ‘
Hello World
‘;?>
</ body>
</ html>

Kode PHP tertanam di dalam HTML
Hanya mem-parsing kode PHP di dalam delimiters. Sesuatu di luar delimiters dikirim langsung ke output dan tidak diproses oleh PHP, Namun, teks non-PHP masih tunduk pada struktur kontrol yang dijelaskan dalam kode PHP. Delimiters yang paling umum adalah <? Php untuk membuka dan?> Untuk menutup bagian PHP. <script language=”php”> dan </ script> delimiters juga tersedia, seperti adalah bentuk singkat <? atau <? = (yang digunakan untuk menggemakan kembali string atau variabel) dan?> dan juga ASP-style bentuk pendek <% atau <% = dan%>. Sementara delimiters pendek yang digunakan, mereka membuat file script kurang portable sebagai tujuan mereka dapat dinonaktifkan dalam konfigurasi PHP, maka mereka tidak dianjurkan.

Tujuan dari semua ini adalah untuk memisahkan delimiters kode PHP dari non-kode PHP, termasuk HTML.
Bentuk pertama delimiters, <? Php dan?>, Dalam XHTML dan dokumen-dokumen XML lain, menciptakan benar terbentuk XML ‘pemrosesan instruksi’. Ini berarti bahwa campuran yang dihasilkan dari kode PHP dan markup lainnya di sisi server file well-formed XML.
Variabel diawali dengan simbol dolar dan jenis tidak perlu ditetapkan di muka. Tidak seperti fungsi dan nama-nama kelas, nama variabel adalah case sensitif. Kedua double-quoted ( “”) dan memungkinkan senar heredoc kemampuan untuk menanamkan nilai variabel ke dalam string. PHP memperlakukan sebagai spasi baris dengan cara yang bebas-bentuk bahasa (kecuali ketika di dalam string tanda kutip), dan pernyataan yang diakhiri dengan titik koma. PHP memiliki tiga jenis komentar sintaks: / * * / tanda blok dan komentar inline; / / dan juga # digunakan untuk satu baris komentar. Pernyataan Gema adalah salah satu dari PHP menyediakan beberapa fasilitas untuk keluaran teks (misalnya ke web browser).
Dalam hal kata kunci dan sintaksis bahasa, PHP mirip dengan bahasa tingkat paling tinggi yang mengikuti gaya C sintaks. Jika kondisi, untuk dan sementara loop, dan fungsi kembali dalam sintaks mirip dengan bahasa seperti C, C + +, Java dan Perl.

  • Tipe data

Seluruh toko PHP angka pada kisaran tergantung platform. Kisaran ini biasanya bahwa dari 32-bit integer ditandatangani. Unsigned integer akan dikonversi ke nilai-nilai masuk dalam situasi tertentu; perilaku ini berbeda dari bahasa pemrograman lain.  Integer variabel dapat diberikan dengan menggunakan desimal (positif dan negatif), oktal, dan notasi heksadesimal. Bilangan floating point juga disimpan dalam platform kisaran tertentu. Mereka dapat dispesifikasikan menggunakan notasi floating point, atau dua bentuk notasi ilmiah. PHP memiliki jenis Boolean asli yang mirip dengan tipe Boolean pribumi di Jawa dan C + +. Menggunakan aturan konversi tipe Boolean, nilai-nilai bukan nol ditafsirkan sebagai benar dan nol sebagai palsu, seperti di Perl dan C + +. tipe data nol mewakili sebuah variabel yang tidak memiliki nilai.Satu-satunya nilai dalam tipe data null NULL. Variabel dari “sumber daya” mewakili tipe referensi ke sumber daya dari sumber eksternal. Ini biasanya dibuat oleh fungsi-fungsi dari ekstensi tertentu, dan hanya dapat diproses oleh fungsi-fungsi dari ekstensi yang sama; contoh include file, gambar, dan database sumber daya. Array dapat mengandung unsur-unsur dari setiap jenis PHP yang dapat menangani, termasuk sumber daya , benda, dan bahkan array lain. Order yang diawetkan dalam daftar nilai-nilai dan di hash dengan kunci dan nilai-nilai baik, dan keduanya bisa bercampur. PHP juga mendukung string, yang dapat digunakan dengan tanda kutip tunggal, tanda kutip ganda, atau heredoc sintaks.
Standar PHP Library (SPL) berusaha untuk memecahkan masalah dan mengimplementasikan standar akses data yang efisien dan kelas-kelas antarmuka.

  • Fungsi

PHP memiliki ratusan fungsi dasar dan ribuan lainnya melalui ekstensi. Fungsi-fungsi ini didokumentasikan dengan baik di situs PHP, namun built-in perpustakaan memiliki berbagai konvensi penamaan dan inkonsistensi. PHP saat ini tidak memiliki fungsi untuk thread pemrograman, meskipun tidak mendukung multiprocess pemrograman pada sistem POSIX.

  • and earlier

Fungsi bukan fungsi kelas pertama dan hanya dapat dirujuk oleh nama mereka, secara langsung atau secara dinamis oleh sebuah variabel yang berisi nama fungsi.  fungsi-fungsi yang didefinisikan ditentukan dapat dibuat sewaktu-waktu tanpa prototyped.  Fungsi-fungsi dapat didefinisikan dalam blok kode, mengizinkan run-time sebuah keputusan apakah atau tidak fungsi harus didefinisikan. Pemanggilan fungsi harus menggunakan tanda kurung, dengan pengecualian kelas argumen nol fungsi constructor dipanggil dengan PHP operator baru, di mana kurung adalah opsional. PHP mendukung fungsi quasi-anonim melalui create_function () fungsi, meskipun mereka tidak benar fungsi anonim karena fungsi anonim tanpa nama, tetapi fungsi hanya dapat dirujuk oleh nama, atau secara tidak langsung melalui variabel $ function_name ();, di PHP.

  • and newer

PHP memperoleh dukungan untuk penutupan. Benar fungsi anonim didukung menggunakan sintaks berikut:
fungsi getAdder ($ x)
(
return function ($ y) menggunakan ($ x) (
return $ x + $ y;
);
)

$ adder = getAdder (8);
echo $ adder (2); / / prints “10”
Di sini, getAdder () fungsi menciptakan sebuah penutupan menggunakan parameter $ x (kata kunci “menggunakan” pasukan mendapatkan variabel dari konteks), yang membutuhkan argumen tambahan $ y dan mengembalikannya ke pemanggil. Fungsi seperti dapat disimpan, diberikan sebagai parameter untuk fungsi lain, dll Untuk detail lebih lanjut lihat fungsi dan penutupan Lambda RFC.
Dasar pemrograman berorientasi obyek-fungsi ini ditambahkan dalam PHP 3 dan ditingkatkan di PHP 4. Objek penanganan benar-benar ditulis ulang untuk PHP 5, memperluas serangkaian keunggulan dan meningkatkan kinerja. Dalam PHP versi sebelumnya, objek yang ditangani seperti tipe primitif. Kekurangan dari metode ini adalah bahwa seluruh benda itu disalin bila sebuah variabel yang ditetapkan atau disahkan sebagai parameter untuk sebuah metode.Dalam pendekatan baru, obyek yang direferensikan oleh menangani, dan bukan by value. PHP 5 memperkenalkan swasta dan dilindungi anggota variabel dan metode, bersama dengan kelas abstrak dan kelas akhir serta metode abstrak dan metode akhir. Ini juga memperkenalkan cara standar untuk menyatakan constructor dan destructors, mirip dengan yang lain bahasa-bahasa berorientasi objek seperti C + +, dan standar model penanganan pengecualian. Selain itu, PHP 5 ditambahkan antarmuka dan diperbolehkan untuk beberapa interface yang akan dilaksanakan.Ada antarmuka khusus yang memungkinkan objek untuk berinteraksi dengan sistem runtime.Obyek yang mengimplementasikan ArrayAccess dapat digunakan dengan sintaks array dan obyek yang mengimplementasikan IteratorAggregate Iterator atau dapat digunakan dengan bahasa foreach membangun. Tidak ada meja virtual fitur dalam mesin, sehingga variabel statis terikat dengan nama, bukan sebuah referensi pada waktu kompilasi.
Jika pengembang menciptakan sebuah salinan dari sebuah objek menggunakan kata reserved clone, mesin Zend akan memeriksa apakah __clone () Metode ini telah didefinisikan atau tidak.Jika tidak, ia akan memanggil default __clone () yang akan menyalin objek properti. Jika __clone () method didefinisikan, maka akan bertanggung jawab untuk menetapkan sifat-sifat yang diperlukan dalam menciptakan objek. Untuk kenyamanan, mesin akan menyediakan fungsi yang mengimpor sumber sifat-sifat objek, sehingga pemrogram dapat dimulai dengan dengan nilai-replika dari objek sumber dan hanya menimpa sifat-sifat yang perlu diubah.

  • Optimasi kecepatan

Seperti halnya bahasa ditafsirkan, naskah PHP disimpan sebagai sumber terbaca-manusia kode dan dikompilasi on-the-fly oleh mesin PHP. Dalam rangka mempercepat pelaksanaan waktu dan tidak perlu mengkompilasi source PHP kode setiap kali halaman web diakses, naskah PHP juga dapat disimpan dalam format biner menggunakan kompilator PHP seperti PHC dan roadsend.
Kode pengoptimalan bertujuan untuk mengurangi runtime dari kode dikompilasi dengan mengurangi ukuran dan membuat perubahan-perubahan lain yang dapat mengurangi waktu eksekusi dengan tujuan meningkatkan kinerja. Sifat kompilator PHP adalah sedemikian rupa sehingga seringkali ada kesempatan untuk optimasi kode, dan contoh kode eAccelerator pengoptimasi adalah ekstensi PHP.
Pendekatan lain untuk mengurangi beban tinggi overhead untuk server PHP menggunakan Opcode cache. Opcode cache bekerja dengan caching terkompilasi bentuk naskah PHP (opcodes) dalam memori bersama untuk menghindari overhead parsing dan kompilasi kode setiap kali script dijalankan. Sebuah opcode cache, APC, akan dibangun ke dalam PHP 6. Opcode caching juga tersedia dalam Zend Server Community Edition.

  • Resources

PHP termasuk free dan open source inti perpustakaan dengan membangun. PHP adalah fundamental sistem sadar-internet dengan modul-modul yang dibangun di untuk mengakses FTP server, banyak server database, SQL tertanam tertanam perpustakaan seperti PostgreSQL, MySQL dan SQLite, LDAP server, dan lain-lain. Banyak fungsi akrab ke C programmer seperti dalam keluarga stdio tersedia dalam membangun PHP standar.
PHP mengijinkan pengembang untuk menulis extension C untuk menambahkan fungsionalitas ke bahasa PHP. Ini dapat kemudian dikompilasi ke dalam PHP atau dimuat secara dinamis pada saat runtime. Ekstensi telah ditulis untuk menambahkan dukungan untuk Windows API, proses manajemen di Unix-sistem operasi mirip, multibyte string (Unicode), Curl, dan beberapa format kompresi populer. Beberapa fitur yang tidak biasa termasuk integrasi dengan Internet Relay Chat, generasi gambar dinamis dan Adobe Flash konten, dan bahkan pidato sintesis.PHP Extension Community Library (PECL) proyek adalah repositori untuk ekstensi untuk bahasa PHP.
Zend memberikan ujian sertifikasi bagi programmer untuk menjadi pengembang PHP bersertifikat.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

et cetera
%d bloggers like this: