Blog na Hetty Wijayanti 07











{October 25, 2011}   pengaruh reshuffel kabinet 2011 bagi pengusaha dan pengaruh gempa nusa dua bagi e-commerce

PENGARUH RESHUFFEL KABINET TERHADAP PENGUSAHA

Dunia usaha tidak terganggu atas gonjang ganjing yang terjadi dalam reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II. Dampak yang terjadi bagi para pengusaha dan pebisnis masih minimal.

“Saya ingin menjelaskan gonjang ganjing politik belakangan ini tidak terlalu besar dampaknya bagi pengusaha. Belajar dari krisis tahun 2008 maka dampak itu makin terminimalkan, ada krisis finansial dan Eropa, kegaduhan tinggi di parlemen, terkait ancaman parpol tidak mengganggu dunia usaha,” ujar Ketua Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI), Ismed Hasan Putro dalam acara diskusi Sindo Radio di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (22/10/2011)..

“soal bunga perbankan, soal klasik, menyangkut infrastruktur, political will terkait energi kita, mengapa jika saja pemerintah mau membela kepentingan industri nasional kalau politik negara industri keramik kita tidak perlu tertatih-tatih,” .

Menurut Sofjan, komposisi kabinet terbaru ini baru dapat dirasakan dampaknya dalam enam bulan ke depan. Dia mengaharapkan kejelasan antara tugas para wakil menteri yang jumlahnya kini bertambah itu. ” Dikhawatirkan penambahan jabatan ini akan berimbas pada semakin panjangnya birokrasi, ” .

Para pelaku pasar modal saat ini juga tengah menunggu dampak dari perombakan susunan para pembantu presiden tersebut. “Kalau (dampak) saat ini saya melihat belum ada. Pelaku pasar baru akan melihat dan menunggu seberapa besar dampaknya ke perekonomian domestic nantinya,” ujar pengamat pasar modal, David Ferdinandus, saat dihubungi di Jakarta, Senin (17/10).

Selama ini, menurut David karakteristik pasar modal memang tidak bertumpu pada apa yang terjadi di dunia politik dan kenegaraan, melainkan lebih pada apa dampaknya terhadap perekonomian dan industri pasar modal ke depan.

“Saat ini pelaku pasar lebih cenderung concern terhadap kondisi global. Isu-isu dalam negeri, termasuk reshuffle kabinet, tidak terlalu kuat mempengaruhi pergerakan saham di BEI,

Keyakinan tersebut, didasarkannya pada pergerakan saham beberapa hari terakhir yang lebih cenderung mengikuti pergerakan bursa regional dan global ketimbang isu yang berkembang di dalam negeri. Dan pernyataan David serta Eddy tersebut sepertinya kembali terbukti pada perdagangan saham di BEI di hari ini.Sementara kalangan politik tengah harap-harap cemas terhadap isu reshuffle, pelaku pasar justru “asyik” sendiri dengan kiprahnya di lantai bursa, yang membuat indeks mampu menguat signifikan. Taufan Sukma

jadi menurut saya tulisan di atas telah jelas bahwa reshuffle kabinet tidak akan berdampak jauh pada kinerja pasar modal domestik atau tidak berpengaruh besar terhadap pengusaha .

GEMPA NUSA DUA, BALI

Metrotvnews.com, Denpasar: Meski sempat menghentikan sementara aktivitas warga di Bali, gempa berkekuatan 6,8 pada Skala Richter, tidak banyak berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi dan pariwisata di Pulau Dewata. Turis-turis lokal maupun mancanegara tetap memadati lokasi wisata.

Kondisi itu terlihat di sekitar lokasi wisata Pantai Kuta, Bali. Lokasi wisata lain di Bali pun tetap ramai dikunjungi para wisatawan.

Sebelumnya, kegiatan ekonomi di Bali, sempat lumpuh menyusul gempa bumi berkekuatan 6,8 SR yang berpusat di 143 kilometer barat daya Nusa Dua. Gempa menyebabkan sejumlah kerusakan di beberapa bangunan dan pusat pertokoan, di antaranya Carrefour di kawasan Sunset Road, Nusa Dua. Bagian depan pusat perbelanjaan retail itu tampak rusak akibat gempa. “Klaim gempa Bali terutama berasal dari pemilik bangunan komersial seperti kantor bank, hotel, dan toko ritel. Paling banyak datang dari toko ritel, termasuk Carefour. Tidak ada klaim yang berasal dari kantor pemerintahan, rumah sakit, dan rumah pribadi”.

jadi menurut saya untuk pengaruh yang terjadi pada gempa nusa dua, bali. juga tidak terjadi perubahan terhadap jalannya perekonomian indonesia.

sumber:

http://www.mediaindonesia.com/read/2011/10/10/267296/20/2/Kecil-Pengaruh-Reshuffle-ke-Pasar-Modal

http://www.tribunnews.com/2011/10/22/dunia-bisnis-tidak-terganggu-gaduh-reshuffle-kabinet

http://www.jurnas.com/halaman/1/2011-10-18/185958

http://www.bisnis.com/articles/klaim-asuransi-gempa-bali-diprediksi-rp5-miliar

http://www.metrotvnews.com/ekonomi/newsvideo/2011/10/14/137810/Pasca-Gempa-Bali-tetap-Dipadati-Turis



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

et cetera
%d bloggers like this: